Powered By Blogger

Minggu, 17 April 2011

Seismik


           Seismik adalah suatu metode geofisika yang didasari oleh prinsip perambatan gelombang. Prinsip kerja metode seismik yaitu membuat gelombang kejut mekanis dari sumber getar buatan dipermukaan bumi, kemudian merambat ke dalam media batuan. Selanjutnya sinyal yang dihasilkan adalah gelombang pantul yang merambat kembali ke permukaan bumi, direkam dengan menggunakan geophone atau hydrophone (Aswad, 2006).
Gelombang seismik adalah gelombang elastik yang merambat dalam bumi dimana bumi sebagai medium gelombang terdiri dari beberapa lapisan batuan yang antar satu lapisan dengan lapisan lainnya mempunyai sifat fisis yang berbeda sehingga  ketidak-kontinuan sifat medium ini menyebabkan gelombang seismik yang merambatkan sebagian energinya dan akan dipantulkan serta sebagian energi lainnya akan diteruskan ke medium di bawahnya (Telford dkk, 1976).
Suatu sumber energi dapat menimbulkan bermacam–macam gelombang, masing–masing merambat dengan cara yang berbeda. Gelombang seismik dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu:
1.      Gelombang badan (body waves) yang terdiri dari gelombang longitudinal (gelombang P) dan gelombang transversal (gelombang S). Gelombang ini merambat ke seluruh lapisan bumi.
2.      Gelombang permukaan (surface waves) yang terdiri dari gelombang Love, gelombang Raleygh dan gelombang Stoneley. Gelombang ini hanya merambat padabeberapa lapisan bumi, sehingga pada survei seismik refleksi (survei seismik dalam) gelombang ini tidak digunakan.
            Seismik refleksi adalah metoda geofisika dengan menggunakan gelombang elastis yang dipancarkan oleh suatu sumber getar yang biasanya berupa ledakan dinamit (pada umumnya digunakan di darat, sedangkan di laut menggunakan sumber getar (pada media air menggunakan sumber getar berupa air gun, boomer atau sparker). Gelombang bunyi yang dihasilkan dari ledakan tersebut menembus sekelompok batuan di bawah permukaan yang nantinya akan dipantulkan kembali ke atas permukaan melalui bidang reflektor yang berupa batas lapisan batuan. Gelombang yang dipantulkan ke permukaan ini diterima dan direkam oleh alat perekam yang disebut geophone (di darat) atau Hydrophone (di laut), (Badley, 1985, dalam Sukmono, 1999).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar